Cara Pembuatan Arang Sekam Padi Yang Benar

Cara Pembuatan Arang Sekam Padi Yang Benar - Hallo friend Insurance WCest, In the article you read this time with the title Cara Pembuatan Arang Sekam Padi Yang Benar, we have prepared this article well for you to read and take the information in it. hopefully the contents of the post Article Informasi, Article Pendidikan, Article Triks & Tips, Article Tutorial, which we write you can understand. okay, happy reading.

Title : Cara Pembuatan Arang Sekam Padi Yang Benar
Link : Cara Pembuatan Arang Sekam Padi Yang Benar

Read too


Cara Pembuatan Arang Sekam Padi Yang Benar

;
Arang sekam sangat banyak kita temui sebagai hasil limbah dari pabrik penggilingan beras, sebagian masyarakat mungkin jarang menggunakannya untuk budidaya tanaman pertaniannya karena minimnya pengetahuan tentang cara memanfaatkan arang sekam ini, padahal arang sekam bisa sebagai campuran pupuk kompos, media tanam atau media penyemaian.

Arang sekam padi dibuat dari pembakaran tak sempurna sehingga tidak menjadi abu, adapun manfaat arang sekam adalah bekerja dengan cara memperbaiki struktur fisik, kimia dan biologi tanah. Arang sekam bisa meningkatkan porositas tanah sehingga tanah menjadi gembur sekaligus juga meningkatkan kemampuan tanah menyerap air.

Cara membuat arang sekam yang kami ambil dari sumber web AlamTani.Com ada 2 cara sederhana dan efektif untuk membuat arang sekam sendiri yaitu tahap penyiapan alat pembakaran dan tahap proses pembakaran sekam padi.

Membuat alat pembakaran:

Cara Pembuatan Arang Sekam Padi Yang Benar

1. Cari tong silinder atau drum yang terbuat dari besi, seng, alumunium atau logam yang tahan api lainnya. Sebaiknya berukuran kurang lebih 20 liter. Kemudian buang salah satu dari alas atau atap silinder tersebut.

2. Pada bagian alas atau atap silinder yang tidak dibuang, buat lubang berbentuk lingkaran dengan diameter 10 cm. Usahakan lubang terdapat tepat ditengah-tengah lingkaran atau berada di titik pusat diameter silinder.

3. Kemudian buat lubang-lubang dengan paku atau pahat pada dinding silinder (diamater kurang lebih 0,5 cm) dengan jarak antar lubang sekitar 2-3 cm. Lubang ini berfungsi untuk membuang panas dari bahan bakar ke tumpukan sekam padi, tanpa harus membakar sekam secara langsung.

4. Cari atau buat pipa seng sepanjang 1 cm dengan diamater 10 cm. Masukkan pipa seng tersebut kedalam lubang yang telah dibuat pada alas atau atap silinder, sehingga berfungsi sebagai cerobong asap bagi kamar pembakaran yang ada di silinder utama.

5. Rekatkan pipa dengan cara dilas sehingga pipa berdiri tegak lurus di atas silinder. Atau letakkan pipa cerobong pada lubang yang ada di silinder, ganjal dengan paku dan ikat dengan kawat besi agar pipa cerobong bisa berdiri tegak dan tidak melesak ke dasar silinder.

Proses pembakaran arang sekam:

Cara Pembuatan Arang Sekam Padi Yang Benar

1. Pilih lokasi pembakaran yang jauh dari perumahan atau jalan, karena proses pembakaran sekam padi akan menimbulkan asap yang tebal. Sebaiknya alas tempat pembakaran terbuat dari lantai keras yang tahan panas, atau alasi bagian bawah dengan plat seng sebelum melakukan pembakaran. Hal ini untuk memudahkan pengambilan arang sekam.

2. Buat api unggun seukuran silinder yang telah kita buat sebelumnya. Bahan bakarnya bisa menggunakan kertas koran, kayu bakar atau daun-daun kering. Kemudian nyalakan api, lalu tutup api tersebut dengan silinder yang telah diberi cerobong asap tadi.

3. Timbun ruang pembakaran silinder yang didalamnya sudah ada nyala api dengan beberapa karung sekam padi. Penimbunan dilakukan menggunung ke atas setinggi kurang lebih 1 meter dengan puncak timbunan cerobong asap yang menyembul keluar.

4. Setelah 20-30 menit atau saat puncak timbunan sekam padi terlihat menghitam, naikkan sekam yang masih berwarna coklat di bawah ke arah puncak. Lakukan terus sampai semua sekam padi menghitam sempurna.

5. Setelah semua sekam berubah menjadi hitam, siram dengan air hingga merata. Penyiraman dilakukan untuk menghentikan proses pembakaran. Apabila proses pembakaran tidak dihentikan maka arang sekam akan berubah menjadi abu.

6. Setelah disiram dan suhunya menurun, bongkar gunungan arang sekam dan keringkan. Kemudian masukkan ke dalam karung dan simpan di tempat kering.


Such is the article Cara Pembuatan Arang Sekam Padi Yang Benar

That's an article Cara Pembuatan Arang Sekam Padi Yang Benar this time, hopefully can benefit for you all. okay, see you in other article posting.

You are now reading the article Cara Pembuatan Arang Sekam Padi Yang Benar with the link address https://wcest.blogspot.com/2016/12/cara-pembuatan-arang-sekam-padi-yang.html