Pemanfaatan Limbah Cair Tahu sebagai Pupuk Alternatif pada Kultur Mikroalga Spirullina

Pemanfaatan Limbah Cair Tahu sebagai Pupuk Alternatif pada Kultur Mikroalga Spirullina - Hallo friend Insurance WCest, In the article you read this time with the title Pemanfaatan Limbah Cair Tahu sebagai Pupuk Alternatif pada Kultur Mikroalga Spirullina, we have prepared this article well for you to read and take the information in it. hopefully the contents of the post Article Informasi, Article Pendidikan, Article Pertanian, which we write you can understand. okay, happy reading.

Title : Pemanfaatan Limbah Cair Tahu sebagai Pupuk Alternatif pada Kultur Mikroalga Spirullina
Link : Pemanfaatan Limbah Cair Tahu sebagai Pupuk Alternatif pada Kultur Mikroalga Spirullina

Read too


Pemanfaatan Limbah Cair Tahu sebagai Pupuk Alternatif pada Kultur Mikroalga Spirullina

;
Limbah industri  tahu merupakan salah satu limbah industri yang belum banyak  dimanfaatkan, sedangkan limbah tersebut diperkirakan masih banyak mengadung unsur yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan budidaya dari jenis tanaman mikroalga terutama Spirulina. Limbah cair tahu tersebut dapat dijadikan alternatif baru yang digunakan sebagai pupuk sebab di dalam limbah cair tahu tersebut memiliki ketersediaan nutrisi yang dibutuhkan oleh Spirulina sp.

Pemanfaatan Limbah Cair Tahu sebagai Pupuk Alternatif pada Kultur Mikroalga Spirullina

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi limbah cair tahu yang optimal bagi pertumbuhan populasi Spirullina.

Metode : Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan acak lengkap yang diulang tiga kali, dengan lima level perlakuan konsentrasi limbah cair tahu (0, 31, 62, 93 dan 124 mg/l). Variabel utama yang diamati adalah laju pertumbuhan sesaat  dan prosentase kenaikan populasi Spirullina.

Kesimpulan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian limbah cair tahu dengan dosis yang berbeda memberikan pengaruh berbeda sangat nyata terhadap laju pertumbuhan relatif populasi Spirullina. Perlakuan terbaik adalah pemberian limbah cair tahu dosis 31 mg/l.

Penelitian ini  dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Universitas Muhammadiyah Malang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kultur murni Spirulina sp, pupuk Walne, dan limbah cair tahu. Air tawar dan air laut digunakan sebagai media kultur dengan salinitas 20 ppt.

Alat yang digunakan dalam penelitian meliputi : Mikroskop, stoples kaca, objek dan cover glas, hand tally counter, aerator, selang  dan batu aerator, termometer, hand refraktometer, planktonet, pH meter, lampu neon (TL) 40 watt.

Metode
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen,   perlakuan berupa konsentrasi limbah cair tahu yang berbeda. Perlakuan kontrol tanpa penggunaan limbah cair tahu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Kisaran dosis Nitrat (NO3) untuk pertumbuhan yang optimal fitoplankton adalah 0,9–3,5 ppm, berdasarkan uji pendahuluan pada limbah cair tahu mengandung Nitrat sebesar 14,628 ppm. Kandungan Orthophosfat pada limbah cair tahu sebesar 13,5 ppm (Mackentum, KM, 1969).
Pada penelitian ini terdiri 5 perlakuan dengan 3 ulangan, perlakuan tersebut merupakan konsentrasi limbah cair tahu yang berbeda. Perlakuan tersebut adalah :
Perlakuan A : 0 mg/l
Perlakuan B : 31 mg/l
Perlakuan C : 62 mg/l
Perlakuan D : 93 mg/l
Perlakuan E : 124 mg/l

Analisis Data

Untuk mengetahui pengaruh perlakuan konsentrasi limbah cair tahu terhadap pertumbuhan populasi Spirulina sp digunakan ANOVA (uji F dengan taraf kepercayaan 95%). Apabila nilai F berbeda nyata maka dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil, untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas (perlakuan) dan variabel tergantung (hasil) (Marmono, A, 1992).


Such is the article Pemanfaatan Limbah Cair Tahu sebagai Pupuk Alternatif pada Kultur Mikroalga Spirullina

That's an article Pemanfaatan Limbah Cair Tahu sebagai Pupuk Alternatif pada Kultur Mikroalga Spirullina this time, hopefully can benefit for you all. okay, see you in other article posting.

You are now reading the article Pemanfaatan Limbah Cair Tahu sebagai Pupuk Alternatif pada Kultur Mikroalga Spirullina with the link address https://wcest.blogspot.com/2017/01/pemanfaatan-limbah-cair-tahu-sebagai.html