3 Tahapan Replikasi DNA

3 Tahapan Replikasi DNA - Hallo friend Insurance WCest, In the article you read this time with the title 3 Tahapan Replikasi DNA, we have prepared this article well for you to read and take the information in it. hopefully the contents of the post Article Informasi, Article Pendidikan, which we write you can understand. okay, happy reading.

Title : 3 Tahapan Replikasi DNA
Link : 3 Tahapan Replikasi DNA

Read too


3 Tahapan Replikasi DNA

;
Tahapan replikasi DNA berlangsung dalam tiga tahap proses penting yaitu (1) pengenalan situs awal replikasi, (2) pengudaran pi linan h eliks ganda dan (3) sintesis rantai polinukleotida baru.  Secara umum tahapan ini terdapat :

3 Tahapan Replikasi DNA

1. Pengenalan situs awal replikasi
Pengenalan ori dilakukan oleh DnaA dengan cara mengenali runtutan basa ori.  Suatu DnaA diprod uksi untuk m engenali titik ori dari DNA pada sel yang sama.

2. Pengudaran pilinan heliks ganda
Pada proses pengudaran ini  terdapat tiga protein dan enzim yang berperan yaitu enzim helikase, girase dan single strand binding protein (SSB). Helikase  adalah kelompok protein yang berfungsi mengudar pilinan heliks ganda dengan cara menghilangkan ikatan hydrogen dan memisahkan utasan-utasannya menjadi utas tunggal.  Sebagai contoh kerja helikase, protein  menempel pada wilayah utas tunggak kemudian  bergerak dengan arah 3--5 menuju bagian utas ganda dan membebaskan utasan-utasan dan pilinan heliks.  Selanjutnya utasan  tunggal yang telah terbebaskan akan ditempeli SSB. Girase merupakan topoisomerase tipe II yang berfungsi menghilangkan tegangan pada superheliks positif dengan cara membuka pilinan ke arah negative struktur superheliks positif. SSB berfungsi un uk melindungi utas tungal DNA dari kemungkinan berpasangan kembali dengan utas pasangannya membentuk heliks ganda.   Selain itu juga melindungi DNA utas  tunggal dari serangan berbagai nuklease dan dapat menghalangi terjadinya transkripsi.

3.  Sintesis utasan baru DNA
Dalam pros es ini terjadi penggabunga n m ononukleotida menjadi  rantai polinukleotida dengan urutan  basa te rtentu.  Enzim  yang berperan dalam proses ini adalah polymerase RN A, polymerase DNA dan ligase.   Tahapan proses sintesis ini adalah (i ) inis asi oleh Polimerase RNA, (ii) perpanjangan rantai oleh Polim erase DNA dan  (iii) penyatuan fragm en DNA oleh Ligase.

(i) inisiasi oleh Polime rase RNA.
Dalam mengawali sintesis DNA di bentuk RNA primer yang terdiri dari beberapa basa yang akan  menjadi tempat polymerase DNA mengaitkan nukleotida DNA pertama.  Dua enzim  yang mensintesis RNA primer yaitu poly merase RNA dan primase.  Polim erase bekerja mensintesis RNA primer pada situs ori C sedangkan prim ase mengkatalisis RNA primer yang terdapat di depa n setiap fragmen Okazaki.

(ii) perpanjangan rantai oleh Polimerase DNA
Enzim polymerase DNA membentuk ikatan fosfodieste r yang merangkaikan C ke-5 dari suatu nukleotida terhadap C ke-3 dari nukleotida yang baru.   Setiap nukleotida baru ditambahkan pada ujung ke-3 rantai nukleotida yang sudah ada atau pertum buhan 5--3.   Polimerase DNA dalam  proses kerjanya memerlukan adanya satu DNA utas tunggal yang akan menjadi model untuk menentukan urutan basa dari rantai nukleotida yang akan disintesisnya.
(iii) penyatuan fragmen DNA oleh Ligase.
Enzim ligase berfungsi menyambungkan dua fragm en rantai polinukleotida m e njadi rantai yang  lebih panjang.  Dalam replikasi, ligase berperan m enyambungkan dua fragm en Okazaki setelah RNA  primer di buang oleh polymerase RNA I.


Such is the article 3 Tahapan Replikasi DNA

That's an article 3 Tahapan Replikasi DNA this time, hopefully can benefit for you all. okay, see you in other article posting.

You are now reading the article 3 Tahapan Replikasi DNA with the link address https://wcest.blogspot.com/2017/01/3-tahapan-replikasi-dna.html