Jaringan Epidermis Pada Daun

Jaringan Epidermis Pada Daun - Hallo friend Insurance WCest, In the article you read this time with the title Jaringan Epidermis Pada Daun, we have prepared this article well for you to read and take the information in it. hopefully the contents of the post Article Informasi, Article Pendidikan, which we write you can understand. okay, happy reading.

Title : Jaringan Epidermis Pada Daun
Link : Jaringan Epidermis Pada Daun

Read too


Jaringan Epidermis Pada Daun

;
Merupakan lapisan daun yang paling luar. Jaringan epidermis ada dua yaitu; epidermis atas dan epidermis bawah. Epidermis umumnya transparan karena tidak memiliki kloroplas. Di epidermis terdapat stomata (tunggal: stoma) yang berperan sebagai alat respirasi tumbuhan. Stomata umumnya terletak di epidermis bawah. Pada tumbuhan air, biasanya stomata banyak terdapat di epidermis atas.

Jaringan Epidermis Pada Daun

Atas dasar susunan sel tetangga di sekitar sel penutup, stomata pada daun dibedakan atas :
1.      Tipe anomositik : yaitu sel tetangga serupa dengan sel epidermis lainnya,
2.      Tipe anisositik : yaitu sel penutup dikelilingi tiga sel tetangga yang tidak sama.
3.      Tipe parasitik : yaitu sel penutup didampingi satu atau lebih sel tetangga yang sumbu memanjangnya sejajar dengan sumbu sel penutup.
4.      Tipe diasitik : tiap stomata dikelilingi oleh dua sel tetangga yang dinding bersamanya tegak lurus pada sumbu sel penutup.
5.      Tipe aktinositik : stoma dikelilingi oleh beberapa sel tetangganya yang tersusun melingkar.

Vertical Scroll: Keterangan: Penampang irisan permukaan. a : sel epidermis b : sel tetangga c : persendian d : sel penutup e : porus f : birai-birai kutikula g : persendianGambar stomata

Selain itu terdapat trikoma yang merupakan derivate epidermis. Trikoma adalah tonjolan epidermis yang terdiri dari satu atau lebih sel. Trikoma dapat dikelompokkan dalam beberapa golongan.

1.      Trikoma non glandular (bukan rambut kelenjar)
Bentuk dan susunannya bermacam-macam, dapat berupa sel tunggal sederhana, berbentuk sisik, berupa sederet sel yang berbentuk percabangan atau gabungan dari beberapa deret sel.

2.      Trikoma glandular (rambut kelenjar)
Trikoma ini mengeluarkan berbagai zat misalnya garam, gula, terpen dan lain-lain sehingga dinamakan kelenjar. Jenisnya bermacam-macam misalnya :

1.      Trikoma hidatoda
2.      Kelenjar garam
3.      Kelenjar madu
4.      Rambut gatal

Tipe-tipe trikoma
Penataan sel-sel epidermis yang rapat dan kehadiran kutikula dan stomata adalah tampilan pokok epidermis daun, hal itu berhubungan dengan fungsi daun sebagai organ transpirasi dan fotosintesis. Stomata mungkin terdapat pada kedua permukaan daun, atau mungkin hanya terdapat pada salah satu permukaan.yang paling umum adalah pada permukaan bawah. Daun yang mempunyai stomata dikedua permukaan disebut daun amfistomatik, sedangkan apabila hanya terdapat pada salah satu  permukaan saja maka disebut daun hipostomatik.


Epidermis daun tersusun dari berbagai tipe sel, yaitu sel epidermis yang menyusun massa pokok jaringan epidermis, sel penutup stomata, didampingi sel pengiring, berbagai trikoma, sel silika dan sel gabus pada Gramineae, sel kipas pada berbagai tumbuhan monokotil dan sel serabut. Struktur diding epidermis daun sangat bervariasi, ciri khas yang paling umum adalah adanya kutin dalam diding, khususnya dinding luar dan lapisan kutikula di permukaan epidermis. Litosit merupakan modifikasi sel sel epidermis, mengandung sistolit yang terdiri atas kristal CaCO3.


Such is the article Jaringan Epidermis Pada Daun

That's an article Jaringan Epidermis Pada Daun this time, hopefully can benefit for you all. okay, see you in other article posting.

You are now reading the article Jaringan Epidermis Pada Daun with the link address https://wcest.blogspot.com/2017/01/jaringan-epidermis-pada-daun.html