Macam – Macam Daun: Monokotil

Macam – Macam Daun: Monokotil - Hallo friend Insurance WCest, In the article you read this time with the title Macam – Macam Daun: Monokotil, we have prepared this article well for you to read and take the information in it. hopefully the contents of the post Article Informasi, Article Pendidikan, which we write you can understand. okay, happy reading.

Title : Macam – Macam Daun: Monokotil
Link : Macam – Macam Daun: Monokotil

Read too


Macam – Macam Daun: Monokotil

;
Tumbuhan berkeping biji tunggal (atau monokotil) adalah salah satu dari dua kelompok besar tumbuhan berbunga yang bijinya tidak membelah karena hanya memiliki satu daun lembaga.
Daun tumbuhan monokotil beragam dalam bangun dan struktur, dan beberapa mirip dengan daun dikotil.daun monokotil terdiri atas tangkaian dan helaian daun , namun kebanyakan berdiferensiasi menjadi helaian dan pelepah, dan helaiannya berupa relatif sempit. Secara tipikal tulang daun sejajar.

Macam – Macam Daun Monokotil

1. Epidermis
Epidermis terdapat pada permukaan atas dan bawah daun. Lapisan epidermis uniseriat dan tersusun dari sel-sel bangun bulat telur. Dinding luar sel epidermis mengalami kutikularisasi. Epidermis atas mudah ditentukan karena pada sel epidermis atas terdapat sel kipas dan xylem lebih dekat dengan epidermis atas. Stomata terdapat pada kedua lapisan epidermis.  Pada daun memanjang dan ramping yang khas pada monokotil dan tumbuhan berkonus, stomata tersusun.

2. Mesofil
            Mesofil tidak berdiferensiasi menjadi parenkima palisade dan sponsa, daun isobilateral, mesofil tersusun dari sel-sel mengandung kloroplas, bentuk isodiametris, berdinding tipis teratur rapat, dalam mesofil ruang-ruang antar sel berkembang dengan baik.

3. Berkas vaskular
            Berkas vaskular kolateral tertutup seperti yang terdapat pada batang monokotil. Kebanyakan berkas vaskular berukuran kecil, namun berkas vaskular yang cukup besar juga terdapat pada interval yang teratur.
            Di dalam berkas vascular, xylem ke arah permukaan atas sedangkan floem kea rah permukaan bawah daun. Biasanya berkas vascular diselubungi oleh slubung berkas pengangkut yang tersusun dari sel-sel parenkim berdinding tipis.

Kesimpulan
Daun merupakan organ tumbuhan yang memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Umumnya ada sua tipe daun, yaitu
1.  Daun dorsiventral atau bifasial umumnya pada dikotil
2. Daun isobilatelar disebut juga isolateral atau ekuifasial umumnya pada tumbuhan monokotil.
Struktur dari pada daun :
1.      Epidermis
2.      Mesofil
3.      Sistem vascular
4.      Penguat daun
5.      Tangkai daun

Perbedaan daun monokotil dan dikotil adalah :
Dikotil memiliki sepasang daun lembaga (kotiledon:daun yang terbentuk pada embrio) sedangkan monokotil hanya memiliki satu daun lembaga.


Such is the article Macam – Macam Daun: Monokotil

That's an article Macam – Macam Daun: Monokotil this time, hopefully can benefit for you all. okay, see you in other article posting.

You are now reading the article Macam – Macam Daun: Monokotil with the link address https://wcest.blogspot.com/2017/01/macam-macam-daun-monokotil.html