Definisi Variabel dan Cara Pengukurannya

Definisi Variabel dan Cara Pengukurannya - Hallo friend Insurance WCest, In the article you read this time with the title Definisi Variabel dan Cara Pengukurannya, we have prepared this article well for you to read and take the information in it. hopefully the contents of the post Article Informasi, Article Pendidikan, Article Triks & Tips, which we write you can understand. okay, happy reading.

Title : Definisi Variabel dan Cara Pengukurannya
Link : Definisi Variabel dan Cara Pengukurannya

Read too


Definisi Variabel dan Cara Pengukurannya

;
Untuk mendapatkan pengertian yang lebih jelas mengenai apa yang diteliti, maka diberikan uraian variabel yang diteliti, cara pengukuran dan satuan yang digunakan sebagai berikut:

Definisi Variabel dan Cara Pengukurannya

1. Responden adalah para petani padi sawah yang berada di lokasi penelitian.
2. Produksi adalah hasil dari keseluruhan usaha pertanian padi sawah (kg ha-1)
3. Penawaran beras ditingkat Petani adalah jumlah beras yang ditawarkan  ke pasar pada berbagai kemungkinan tingkat harga (kg).
4. Faktor-faktor penawaran beras adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran beras yaitu, umur petani, pengalaman petani, jumlah tanggungan petani, luas tanam, dan harga beras.
5. Harga beras adalah harga beras kontrak yang berlaku di lokasi penelitian. (Rp kg-1)
6. Harga benih padi adalah harga benih padi kontrak yang digunakan petani (Rp kg-1)
7. Biaya produksi adalah biaya total tetap dan biaya total tidak tetap yang meliputi:
a. Biaya penyusutan alat dengan cara menghitung harga pembelian dibagi dengan umur teknis alat yang bersangkutan (Hernanto,1989) (Rp).
b. Biaya sarana produksi yang meliputi harga benih padi , harga pupuk, harga pestisida (Rp).
c. Biaya tenaga kerja keluarga maupun upahan yang dihitung menurut sistem upah yang berlaku di Dusun Girirejo kelurahan Lempake  Kota Samarinda, yaitu dikonversikan atau disetarakan dengan tenaga kerja pria dewasa yang menurut Soekartawi (1986), adalah:
- 1 HOK wanita = 0,8 HOK Pria
- 1 HOK anak-anak = 0,5 HOK Pria
8. Penerimaan adalah penerimaan yang diperoleh petani dari hasil penjualan produk (Rp).

9. Pendapatan adalah selisih antara penerimaan dengan biaya produksi berupa biaya sarana produksi, biaya penyusutan alat dan biaya tenaga kerja (Rp).


Such is the article Definisi Variabel dan Cara Pengukurannya

That's an article Definisi Variabel dan Cara Pengukurannya this time, hopefully can benefit for you all. okay, see you in other article posting.

You are now reading the article Definisi Variabel dan Cara Pengukurannya with the link address https://wcest.blogspot.com/2017/01/definisi-variabel-dan-cara-pengukurannya.html