Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah

Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah - Hallo friend Insurance WCest, In the article you read this time with the title Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah, we have prepared this article well for you to read and take the information in it. hopefully the contents of the post Article Informasi, Article Pendidikan, which we write you can understand. okay, happy reading.

Title : Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah
Link : Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah

Read too


Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah

;
Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah

Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah - Iklim di wilayah satu berbeda dengan iklim di wilayah lainnya, karena itulah proses pembentukan tanah yang terjadi berbeda-beda pula. Dampak nyatanya adalah adanya perbedaan jenis tanah antar wilayah. Indonesia yang pada dasarnya beriklim tropis di mana musim panas dan musim hujan datang setiap enam bulan sekali memiliki tanah yang lebih subur daripada tanah di negara-negara Eropa ataupun negara-negara Afrika. Akan tetapi, perlu diingat pula bahwa waktu juga menjadi salah satu factor pembentukan tanah. Dan selama waktu berjalan manusia akan terus melakukan berbagai aktivitas di mana sebagian besar aktivitas tersebut seringkali berdampak pada alam; misalnya overexploitation sumber daya alam, membuang sampah sembarangan dan reklamasi pantai.

Telah dikemukakan sebelumnya bahwa iklim dapat berubah, salah satunya karena aktivitas manusia. Karena itulah semakin tidak terkontrol perlakuan manusia terhadap alam, semakin cepat terjadinya perubahan iklim. Akibat perubahan iklim, lapisan salju melebur dan tanah akan lebih banyak menyerap panas matahari. Umpan balik dari peleburan lapisan salju tersebut akan meningkatkan pemanasan global (global warming). Kenaikkan temperatur akan mempengaruhi pasokan air yang berasal dari pencairan salju. Pada musim dingin air disimpan dalam bentuk salju dan secara bertahap dilepaskan pada saat meleleh pada musim semi dan musim panas. Pada bagian bumi yang lebih panas, curah hujan meningkat pesat. Sungai-sungai di daerah ini menjadi sangat kering saat musim panas dan meluap pada waktu musim hujan (Wibowo, 1996).
Komposisi ekosistem alami dapat rusak akibat perubahan iklim ketika dampak perubahan iklim tersebut tidak dapat ditolerir oleh komponen pendukung ekosistem. Karena tanah merupakan salah satu komponen ekosistem alami (komponen abiotik) maka perubahan iklim akan merubah sifat-sifat tanah. Dengan begitu tanah di Indonesia yang pada umumnya bersifat subur bisa saja berubah menjadi tandus akibat perubahan iklim yang tengah terjadi saat ini.

Baca Juga: Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Iklim di Indonesia

Artikel Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah berasal dari bahan mata kuliah saya, semoga membantu.


Such is the article Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah

That's an article Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah this time, hopefully can benefit for you all. okay, see you in other article posting.

You are now reading the article Dampak Perubahan Iklim Pada Pembentukan Tanah with the link address https://wcest.blogspot.com/2016/11/dampak-perubahan-iklim-pada-pembentukan.html