Pengertian Nata De Coco Menurut Para Ahli

Pengertian Nata De Coco Menurut Para Ahli - Hallo friend Insurance WCest, In the article you read this time with the title Pengertian Nata De Coco Menurut Para Ahli, we have prepared this article well for you to read and take the information in it. hopefully the contents of the post Article Informasi, Article Pendidikan, which we write you can understand. okay, happy reading.

Title : Pengertian Nata De Coco Menurut Para Ahli
Link : Pengertian Nata De Coco Menurut Para Ahli

Read too


Pengertian Nata De Coco Menurut Para Ahli

;
Kata ”nata” diambil dari bahasa Spanyol yang berasal dari kata Latin ”natare” yang artinya ”mengapung”. Nata dapat dibuat dari bermacam-macam sari buah-buahan sebagai medianya seperti pisang, nanas, tomat, mangga, pepaya, air kelapa, dan lain-lain.

Artikel terkait "Nata De Coco":
• [Lengkap] Cara Membuat Nata De Coco dengan Berbagai Macam Metode

• Bahan dan Alat Dalam Pembuatan Nata De Coco

• Keuntungan dan Kerugian Dari Nata De Coco

Nata de coco merupakan salah satu produk olahan air kelapa yang memiliki kandungan serat tinggi dan kandungan kalori rendah sehingga cocok untuk makanan diet dan baik untuk sistim pencernaan serta tidak mengandung kolesterol sehingga mulai poluler di kalangan masyarakat yang memiliki perhatian pada kesehatan (Pratiwi, 2010).

Pengertian Nata De Coco Menurut Para Ahli

Produknya diberi nama sesuai dengan jenis media yang digunakan. Pemberian nama jenis nata diawali dengan nata dan diikuti jenis bahan baku yang digunakan di belakang kata nata. Sebagai contoh nata de coco, berarti media yang digunakan adalah air kelapa. Nata de soya menggunakan sari kedelai, nata de pina menggunakan sari buah atau limbah nanas, dan sebagainya.

Larutan yang akan dibuat nata harus mengandung gula sebagai sumber karbon bagi mikroorganisme penghasil nata dengan proporsi dan keasaman larutan harus sesuai dengan persyaratan tumbuh bakteri yang digunakan, dan diperlukan penambahan nutrien seperti amonium sulfat, urea, dan amonium fosfat  sebagai sumber nitrogen.

Terbentuknya nata karena adanya bakteri Acetobacter xylinum yang sengaja ditumbuhkan pada media seperti air kelapa. Acetobacter xylinum dapat hidup dan berkembang biak dalam larutan tertentu dengan suhu 28°C, pH 3 – 5,5, tersedia sumber karbon dan nitrogen. Jadi, medium yang digunakan untuk pembuatan nata de coco harus kaya akan zat gizi sehingga memungkinkan bakteri Acetobacter xylinum penghasil nata melakukan metabolisme yang hasilnya berupa lapisan selulosa. Hasil metabolisme tersebut membentuk lapisan putih yang liat. Makin lama fermentasi maka lapisan sebagai hasil metabolisme bakteri Acetobacter xylinum makin tebal.

Proses fermentasi dalam pembuatan nata berlangsung antara 6 sampai 14 hari. Pembentukan lapisan selulosa akan terus berlangsung apabila mediumnya masih ada. Fermentasi dalam pembuatan nata de coco termasuk ke dalam fermentasi tidak spontan karena membutuhkan kultur mikroorganisme atau starter yang ditambahkan ke dalam medium berupa air kelapa.

Sebagai negara kepulauan, umumnya daerah sepanjang pesisir pantai  di  Indonesia  banyak  ditumbuhi  pohon  kelapa.  Keindahan jajaran pohon kelapa ini sering dilukiskan dalam untaian kata maupun  149u.  Kelapa  memberikan  banyak  hasil  bagi  manusia, misalnya produk kopra yang selanjutnya diolah menjadi minyak. Pada pembuatan kopra, kelapa dibelah dan dijemur. Sedangkan airnya terbuang percuma sebagai limbah, yang dapat mencemari lingkungan terutama yang berhubungan dengan kesuburan tanah.

Nata de coco merupakan jenis makanan hasil fermentasi oleh bakteri Acetobacter xylinum. Makanan ini berbentuk padat, kokoh, kuat, putih, transparan, dan kenyal dengan rasa mirip kolang-kaling. Produk ini banyak digunakan sebagi pencampur es krim, coktail buah, sirup, dan makanan ringan lainnya.

Baca juga: Deskripsi dan Klasifikasi Pohon Beringin

Nilai  gizi  makanan  ini  sangat  rendah  sekali,  kandungan terbesarnya adalah air yang mencapai 98%. Karena itu, produk ini dapat dipakai sebagai sumber makan rendah energi untuk keperluan diet.  Nata  de  coco  juga  mengandung  serat  (dietary  fiber)  yang sangat dibutuhkan tubuh dalam proses fisiologi. Konon, produk ini dapat membantu penderita diabetes dan memperlancar proses pencernaan dalam tubuh.


Such is the article Pengertian Nata De Coco Menurut Para Ahli

That's an article Pengertian Nata De Coco Menurut Para Ahli this time, hopefully can benefit for you all. okay, see you in other article posting.

You are now reading the article Pengertian Nata De Coco Menurut Para Ahli with the link address https://wcest.blogspot.com/2017/04/pengertian-nata-de-coco-menurut-para.html