Inilah Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya [Lengkap]

Inilah Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya [Lengkap] - Hallo friend Insurance WCest, In the article you read this time with the title Inilah Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya [Lengkap], we have prepared this article well for you to read and take the information in it. hopefully the contents of the post Article Pendidikan, Article Sistem Pencernaan, which we write you can understand. okay, happy reading.

Title : Inilah Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya [Lengkap]
Link : Inilah Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya [Lengkap]

Read too


Inilah Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya [Lengkap]

;
Pencernaan adalah proses melumatkan makanan yang semula kasar menjadi halus. Makanan yang sudah dicerna telah diubah menjadi sari makanan dalam bentuk yang lebih halus sehingga mudah diserap oleh pembuluh darah. Oleh pembuluh darah, sari makanan tersebut diedarkan ke seluruh bagian tubuh.  

Alat pencernaan pada tubuh kita bertugas untuk :
1. Menghancurkan makanan menjadi bentuk yang halus.
2. Menyerap zat-zat makanan yang halus sehingga masuk ke dalam darah.
3. Mengeluarkan dari tubuh zat-zat yang tidak dapat dicerna.

Proses pencernaan manusia dibagi menjadi dua yaitu :
1. Pencernaan mekanik, yaitu proses pengubahan makanan dari bentuk kasar menjadi halus dengan cara menghancurkannya. Proses ini dilakukan dengan menggunakan gigi di dalam mulut.
2. Pencernaan kimiawi, yaitu proses pencernaan makanan  dengan bantuan enzim – enzim pencernaan yang berlangsung di dalam mulut, lambung, dan usus. Tujuan pencernaan dengan bantuan enzim adalah mengubah zat-zat makanan sehingga mudah diserap oleh tubuh. 

Organ penyusun sistem pencernaan pada manusia terdiri atas rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Selain organ-organ tersebut, organ lain yang membantu dalam proses pencernaan adalah gigi, lidah, kelenjar ludah, empedu dan pankreas.


Tubuh manusia terdiri dari berbagai organ yang satu dengan lainnya saling berkaitan dalam suatu sistem secara fungsional. Ada berbagai sistem dalam tubuh seperti sistem syaraf, indra, pernafasan dan pencernaan. Salah satu sistem yang dapat dirasakan setiap hari adalah pencernaan. Ketika kita makan, mengunyah, menelan, sampai tanpa anda sadari berproses didalam tubuh hingga kita merasakan defekasi, semua melibatkan sistem pencernaan.

Berikut uraian dari masing-masing organ pencernaan pada manusia:

Inilah Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya [Lengkap]

A. Rongga mulut
Rongga mulut merupakan organ yang pertama mencerna makanan. Makanan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Di dalam rongga mulut terdapat beberapa alat pencernaan, yaitu :

1. Gigi
Gigi berguna dalam proses pencernaan mekanik, yaitu mengubah makanan yang berserat dan keras menjadi  halus agar lebih mudah ditelan. Sebaiknya kita mengunyah makanan sebanyak 20-30 kali. Berdasarkan bentuk dan fungsinya gigi dibedakan menjadi 3 yaitu : 

a.Gigi Seri: Permukaannya seperti kapak dan berguna untuk memotong makanan. Jumlah gigi seri pada manusia ada 8 buah 
b. Gigi taring: Permukaannya runcing seperti ujung tombak dan berguna untuk merobek makanan. Jumlah gigi taring pada manusia ada 4 buah
c. Gigi Geraham: Permukaannya lebar bergelombang dan berguna untuk mengunyah makanan. Jumlah gigi geraham pada manusia ada 8 buah.
Pada anak-anak terdapat gigi susu, yaitu gigi yang pertama kali tumbuh yang nantinya akan tanggal dan digantikan oleh gigi tetap. 

2. Lidah
Lidah berperan sebagai indra perasa. Manusia dapat merasakan rasa manis, pahit,asam, asin,  karena adanya saraf-saraf dan bintil-bintil lidah yang disebut papila. Lidah juga berguna untuk menempatkan makanan, membantu menelan makanan dan mendorong makanan masuk ke kerongkongan selanjutnya diteruskan menuju lambung.

3. Kelenjar ludah 
Kelenjar ludah menghasilkan air liur yang berguna untuk mengencerkan makanan agar mudah dicerna dan ditelan. Kelenjar ludah pada mulut  menghasilkan enzim ptialin yang membantu pencernaan makanan secara kimiawi.Selain sebagai pengencer makanan , ludah juga berguna untuk membunuh kuman di mulut yang masuk bersama makanan. Di dalam air ludah terkandung enzim amilase yang berguna untuk mengubah zat tepung menjadi zat gula. Enzim ini menyebabkan nasi (mengandung amilum) yang kita kunyah lama kelamaan terasa manis. 

B. Kerongkongan
Makanan masuk ke kerongkongan setelah dikunyah di mulut. Kerongkongan adalah bagian saluran pencernaan yang menghubungkan rongga mulut dengan lambung. Kerongkongan terletak di dalam leher dan berada di belakang tenggorokan. Dibelakang rongga mulut terdapat tonjolan sebesar jari yang disebut uvula. Pada ujung tenggorokan terdapat tekak (faring) yang berfungsi sebagai saluran yang mengatur masuknya makanan ke kerongkongan menuju lambung dan masuknya udara ke tenggorokan menuju paru-paru. Kerongkongan melakukan gerak peristaltik, yaitu gerakan mendorong  makanan menuju lambung.

C. Lambung
Setelah melewati kerongkongan, makanan akan masuk ke lambung. Lambung melakukan pencernaan secara mekanik dan kimiawi. Pencernaan mekanik di dalam lambung yaitu peremasan makanan yang dilakukan oleh otot-otot dinding lambung. Sedangkan pencernaan kimiawi dibantu oleh enzim yang dihasilkan oleh lambung. Lambung menghasilkan enzim renin yang berfungsi mengendapkan protein susu menjadi kasein. Enzim pepsin berguna untuk mengubah protein menjadi asam amino. Asam klorida (HCI) yang dapat membunuh kuman dan penyakit yang masuk bersama makanan. Zat ini juga berfungsi untuk mengasamkan makanan.

D. Pankreas 
Pankreas tidak mencerna makanan, tetapi menghasilkan enzim-enzim yang berperan membantu proses pencernaan.Pankreas menghasilkan enzim 
1. Lipase : berfungsi mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak
2. Tripsin : membantu proses penguraian protein
3. Amilase : membantu proses penguraian amilum

E.Hati
Sama halnya dengan pankreas, hati juga berperan membantu proses pencernaan karena hati sebagai penghasil empedu. Empedu yang dihasilkan oleh hati sangat diperlukan dalam proses pencernaan untuk memecahkan lemak.  Hati bertugas untuk memproses nutrisi dan juga racun. Hati juga sebagai penerima dan penghasil glukosa. Glukosa yang dihasilkan oleh hati akan digunakan untuk proses pencernaan di dalam usus halus.Hati juga berguna untuk menimbun sari-sari makanan. Hati merupakan organ pencernaan makanan terbesar dengan berat 2 kg.

F. Usus
Usus pada manusia dibagi menjadi :
1. Usus dua belas jari : menghubungkan lambung dengan usus halus. Usus dua belas jari memiliki saluran dengan hati dan pankreas yang berfungsi untuk menyalurkan enzim pencernaan dari pankreas.

2. Usus halus : usus halus merupakan usus terpanjang di dalam sistem pencernaan manusia. Panjang usus halus orang dewasa 6-8m. di dalam usus halus terjadi proses penyerapan sari-sari makanan.

3. Usus besar : Usus besar terdiri atas usus besar naik, usus besar melintang, dan usus besar turun. Di dalam usus besar terjadi penyerapan air dan garam-garam mineral. Bagian usus besar naik memiliki umbai cacing. Usus besar berfungsi menyerap kelebihan air , lemak, mineral, sel-sel mati, dan bakteri yang membentuk padatan yang disebut feses (tinja). Di dalam usus besar sisa makanan dibusukkan oleh bantuan bakteri Escherichia coli.

G. Rektum
Rektum (poros usus) merupakan organ pencernaan yang berfungsi sebagai tempat sementara
untuk menampung feses. Mengembangnya dinding rektum karena penumpukan material di dalam rektum akan memicu sistem saraf yang menimbulkan keinginan buang air besar (BAB)

H. Anus 
Anus merupakan lubang akhir dari saluran pencernaan makanan. Pada anus tidak terjadi penyerapan sari makanan. Anus berfungsi untuk mengeluarkan sisa sari-sari makanan yang tidak diserap oleh tubuh. Bahan padat hasil pembusukan dikeluarkan sebagai feses (tinja) dan gas.Gas dikeluarkan berupa kentut.

Feses akan didorong oleh otot – otot polos menuju ke anus sebelum akhirnya dibuang ke luar tubuh. Proses pembuangan feses ini dinamakan defekasi. Otot – otot disekitar anus akan berkontraksi sehingga anus membuka dan mengeluarkan feses. Cairan yang tidak berguna dikeluarkan melalui lubang kemih berupa air seni.


Tags: sistem pencernaan manusia (torso), sistem pencernaan manusia pdf, sistem pencernaan manusia adalah, sistem pencernaan manusia kelas 11, sistem pencernaan manusia dan hewan, sistem pencernaan manusia brainly, sistem pencernaan manusia dan fungsinya, sistem pencernaan manusia ppt, sistem pencernaan manusia lengkap, sistem pencernaan manusia anatomi, sistem pencernaan manusia apa saja, sistem pencernaan manusia animasi, urutan sistem pencernaan manusia adalah, sistem pencernaan manusia dari awal sampai akhir, organ penyusun sistem pencernaan manusia adalah, sistem pencernaan makanan pada manusia adalah, sistem pencernaan manusia beserta fungsinya, sistem pencernaan manusia beserta keterangannya, sistem pencernaan manusia biologi gonzaga, sistem pencernaan manusia bahasa indonesia, sistem pencernaan manusia bahasa inggris, sistem pencernaan manusia biologi kelas 11, sistem pencernaan manusia bahasa latin, sistem pencernaan manusia.com, sistem pencernaan pada manusia campbell, charta sistem pencernaan manusia, contoh sistem pencernaan manusia, carta sistem pencernaan manusia, cara sistem pencernaan manusia, catatan sistem pencernaan manusia, gangguan sistem pencernaan manusia dan cara mengatasinya, penyakit pada sistem pencernaan manusia dan cara mengatasinya, contoh soal sistem pencernaan manusia, contoh sistem pencernaan pada manusia, contoh laporan sistem pencernaan manusia, contoh kliping sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia dan keterangannya, sistem pencernaan manusia dan bagian bagiannya, sistem pencernaan manusia dan enzim, sistem pencernaan manusia dan penyakitnya, enzim di sistem pencernaan manusia, penyakit di sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia enzim, sistem pencernaan manusia dan enzimnya, dalam sistem pencernaan manusia enzim protease dihasilkan oleh organ, sistem pencernaan manusia dan enzim enzimnya, sistem pencernaan manusia in english, sistem pencernaan manusia yang menghasilkan enzim, sistem pencernaan manusia fungsi, sistem pencernaan manusia fungsinya, sistem pencernaan manusia faring, sistem pencernaan manusia fisiologi, sistem pencernaan manusia dan fungsi, sistem pencernaan manusia beserta fungsi, sistem pencernaan manusia gambar dan fungsinya, sistem pencernaan manusia gonzaga, sistem pencernaan manusia gigi, sistem pencernaan manusia ginjal, sistem pencernaan manusia gif, sistem pencernaan manusia gangguan, sistem pencernaan manusia hati, sistem pencernaan manusia hubungan nilai ph, sistem pencernaan manusia hitam putih, sistem pencernaan manusia usus halus, gambar sistem pencernaan manusia hitam putih, sistem pencernaan manusia dan hewan kelas 5 sd, gambar sistem pencernaan manusia hd, pengertian sistem pencernaan manusia, pengertian sistem pencernaan manusia menurut para ahli, pengertian sistem pencernaan manusia dan fungsinya, pengertian sistem pencernaan manusia pdf, pengertian sistem pencernaan manusia secara mekanik dan kimiawi, pengertian sistem pencernaan manusia adalah, pengertian sistem pencernaan pada manusia menurut para ahli, pengertian sistem pencernaan pada manusia beserta gambarnya, pengertian sistem pencernaan pada manusia pdf, pengertian sistem pencernaan pada manusia dan hewan, sistem pencernaan manusia ipa sd, sistem pencernaan manusia ipa kelas 8, gambar sistem pencernaan manusia bahasa indonesia, apa itu sistem pencernaan manusia, soal ipa sistem pencernaan manusia, materi ipa sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia jurnal, jelaskan sistem pencernaan manusia, soal sistem pencernaan manusia dan jawabannya, jalur sistem pencernaan manusia, tts sistem pencernaan manusia beserta jawaban, jelaskan sistem pencernaan manusia brainly, jaringan sistem pencernaan manusia, jenis sistem pencernaan manusia, jurnal sistem pencernaan manusia dan fungsinya, jelaskan perbedaan sistem pencernaan manusia dan hewan ruminansia, sistem pencernaan manusia kelas 5, sistem pencernaan manusia kelas 6, sistem pencernaan manusia kelas 7, sistem pencernaan manusia kerongkongan, sistem pencernaan manusia kelas 9, sistem pencernaan manusia kelas 6 sd, pembentukan vitamin k pada sistem pencernaan manusia, bakteri penghasil vitamin k pada sistem pencernaan manusia adalah, pada sistem pencernaan manusia vitamin k dibentuk oleh organ apa, rpp k13 sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia lambung, sistem pencernaan manusia lengkap pdf, sistem pencernaan manusia latin, sistem pencernaan manusia lengkap ppt, makalah sistem pencernaan manusia lengkap, sistem pencernaan manusia mulut, sistem pencernaan manusia meliputi, sistem pencernaan manusia makalah, sistem pencernaan manusia mekanik, sistem pencernaan manusia materi kelas 11, sistem pencernaan manusia materi smp, sistem pencernaan manusia mekanik dan enzimatis, sistem pencernaan manusia nutrisi, sistem pencernaan manusia dan penjelasannya, sistem pencernaan manusia dan gambarnya, sistem pencernaan manusia organ dan fungsinya, sistem pencernaan organ manusia, sistem pencernaan manusia dibangun oleh organ, sistem pencernaan manusia dan organnya, sistem pencernaan manusia disusun oleh, sistem pencernaan pada organ manusia, pada sistem pencernaan makanan manusia organ organ bisa dibagi menjadi kelenjar, sistem organ pencernaan manusia disusun oleh organ organ, sistem pencernaan manusia pelajaran sd, sistem pencernaan manusia pankreas, sistem pencernaan manusia penyakit, sistem pencernaan manusia penjelasan, sistem pencernaan manusia ppt kelas xi, sistem pencernaan manusia powerpoint, sistem pencernaan manusia ppt kelas 8, sistem pencernaan manusia rangkuman, sistem pencernaan manusia rongga mulut, sistem pencernaan manusia ringkas, sistem pencernaan manusia ruminansia, sistem pencernaan pada manusia rongga mulut, perbedaan sistem pencernaan manusia dan ruminansia, rangkuman sistem pencernaan manusia kelas 8, sistem pencernaan manusia secara urut, sistem pencernaan manusia secara lengkap, sistem pencernaan manusia secara kimiawi, sistem pencernaan manusia scribd, sistem pencernaan manusia secara mekanik terjadi pada, sistem pencernaan manusia beserta enzim di lambung dan usus halus, sistem pencernaan manusia terdiri dari, sistem pencernaan manusia terdiri dari 2 bagian yaitu, sistem pencernaan manusia tingkatan 2, sistem pencernaan manusia tahun 3, sistem pencernaan manusia tanpa keterangan, sistem pencernaan manusia terlengkap, sistem pencernaan tubuh manusia dan fungsinya, tentang sistem pencernaan manusia, pertanyaan tentang sistem pencernaan manusia, soal tentang sistem pencernaan manusia, makalah tentang sistem pencernaan manusia, poster tentang sistem pencernaan manusia, jurnal tentang sistem pencernaan manusia, materi tentang sistem pencernaan manusia, penjelasan tentang sistem pencernaan manusia, rangkuman tentang sistem pencernaan manusia, makalah tentang sistem pencernaan manusia beserta gambarnya, sistem pencernaan manusia urutan, sistem pencernaan manusia usus besar, sistem pencernaan manusia untuk sd, sistem pencernaan usus manusia, sistem pencernaan manusia berfungsi untuk, materi sistem pencernaan manusia untuk sd, gambar sistem pencernaan manusia untuk soal, 7 sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia video, sistem pencernaan manusia vektor, video sistem pencernaan manusia download, dalam sistem pencernaan manusia penyerapan vitamin terjadi pada, dalam sistem pencernaan manusia penyerapan vitamin terjadi, materi sistem pencernaan manusia kelas viii smp, sistem pencernaan manusia wikipedia, sistem pencernaan manusia wiki, sistem pencernaan manusia pada wanita, warna sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia kelas xi, sistem pencernaan pada manusia kelas xi ppt, soal sistem pencernaan manusia kelas xi, power point sistem pencernaan manusia kelas xi, lks sistem pencernaan pada manusia kelas xi, sel-jaringan-x-sistem pencernaan-manusia, rpp sistem pencernaan pada manusia kelas xi, lks sistem pencernaan pada manusia kelas xi pdf, perhatikan diagram berikut sel jaringan x sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia youtube, sistem pencernaan manusia yang baik, sistem pencernaan manusia yang benar, tahapan sistem pencernaan manusia yang tepat adalah, urutan sistem pencernaan manusia yang benar, gambar sistem pencernaan manusia yang lengkap, sistem pencernaan pada manusia yaitu, sistem pencernaan manusia zenius, sistem pencernaan manusia zat makanan yang dicerna oleh garam empedu adalah, pada sistem pencernaan manusia zat makanan yang dicerna, sistem pencernaan manusia kelas 11 ppt, soal sistem pencernaan manusia kelas 11, 10 sistem pencernaan manusia, 16 sistem pencernaan manusia, 12 sistem pencernaan manusia, 17 sistem pencernaan manusia, 18 sistem pencernaan manusia dan fungsinya, 10 penyakit sistem pencernaan manusia, gambar 1.22 sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia tingkatan 1, sistem pencernaan manusia 2017, sistem pencernaan manusia ada 2 yaitu, sistem pencernaan manusia kelas 8 kurikulum 2013, jelaskan 2 gangguan pada sistem pencernaan manusia, sains tingkatan 2 sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia form 2, 3 perbedaan sistem pencernaan manusia dengan hewan ruminansia, 3 organ sistem pencernaan manusia, 3 gangguan pada sistem pencernaan manusia, 3 sistem pencernaan pada manusia, 3 penyebab gangguan sistem pencernaan manusia, 3 fungsi utama sistem pencernaan manusia, 3 penyakit pada sistem pencernaan manusia, 3 organ penyusun sistem pencernaan manusia, 3 kelainan pada sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia tingkatan 3, 3 macam penyakit pada sistem pencernaan manusia dan penyebabnya, 4 sistem pencernaan manusia, bab 4 sistem pencernaan manusia, bab 4 sistem pencernaan manusia kelas 8, 4 penyakit sistem pencernaan manusia, rangkuman bab 4 sistem pencernaan manusia kelas 8, 4 gangguan pada sistem pencernaan manusia, ringkasan bab 4 sistem pencernaan manusia, 4 kelainan pada sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia tingkatan 4, sebutkan 4 penyakit pada sistem pencernaan manusia beserta penyebabnya, menyebutkan 4 penyakit pada sistem pencernaan manusia, 4 gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan manusia, sistem pencernaan manusia kelas 5 sd, soal sistem pencernaan manusia kelas 5 sd, 5 gangguan sistem pencernaan manusia, 5 gangguan pada sistem pencernaan manusia, rpp kelas 5 sistem pencernaan manusia, soal kelas 5 sistem pencernaan manusia, 5 cara menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia, jelaskan 5 sistem pencernaan pada manusia, sebutkan 5 fungsi sistem pencernaan manusia, 6 sistem pencernaan manusia, materi sistem pencernaan manusia kelas 6 sd, soal sistem pencernaan manusia kelas 6, 6 penyakit pada sistem pencernaan manusia, 6 sistem pencernaan pada manusia, 6 organ penyusun sistem pencernaan pada manusia, sistem pencernaan pada manusia kelas 7, sistem pencernaan manusia biologi kelas 8, soal sistem pencernaan manusia kelas 8, lks sistem pencernaan manusia kelas 8, materi kelas 8 sistem pencernaan manusia, 8 gangguan pada sistem pencernaan manusia, soal ipa kelas 8 sistem pencernaan manusia, soal ipa kls 8 sistem pencernaan manusia, biologi kelas 8 sistem pencernaan pada manusia, sistem pencernaan pada manusia kelas 9, jelaskan 9 kelainan pada sistem pencernaan manusia.


Such is the article Inilah Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya [Lengkap]

That's an article Inilah Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya [Lengkap] this time, hopefully can benefit for you all. okay, see you in other article posting.

You are now reading the article Inilah Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya [Lengkap] with the link address https://wcest.blogspot.com/2019/04/inilah-sistem-pencernaan-manusia-dan.html