Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC

Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC - Hallo friend Insurance WCest, In the article you read this time with the title Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC, we have prepared this article well for you to read and take the information in it. hopefully the contents of the post Article PDF PPT DOC, which we write you can understand. okay, happy reading.

Title : Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC
Link : Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC

Read too


Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC

;
Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC [Tersedia 11 File] - Kali ini AkhmadShare.Com akan berbagi file materi pembelajaran yang bisa kamu download gratis disini sebagai bahan belajar atau mengerjakan tugas dari guru disekolah atau dosen dikampus, semoga kamu terbantu dan bermanfaat ya, hehe.
Berikut ini file materi "Pertumbuhan dan Perkembangan" sebagai bahan materi pelajaran/tugas di sekolah atau kampus:

Cara Download: Klik Judul file yang ingin download dibawah >> Klik Get Link >> Klik Go to Link >> Selesai, saran kalau kamu menggunakan HP, gunakanlah Chrome/UC Browser.

11 File Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan:
  1.  Pertumbuhan dan Perkembangan [PDF]
  2.  Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan [PDF]
  3.  Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan [PDF]
  4.  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Dan Perkembangan [PDF]
  5.  BAB IV PERTUMBUHAN dan PERKEMBANGAN [PDF]
  6.  Pertumbuhan Dan Perkembangan [PPT]
  7.  Pertumbuhan dan perkembangan tanaman [PPT]
  8.  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia [PPT]
  9.  PERTUMBUHAN dan PERKEMBANGAN [DOC]
  10.  PERTUMBUHAN dan PERKEMBANGAN PADA HEWAN [DOC]
  11.  PERTUMBUHAN dan PERKEMBANGAN Pada Makhluk Hidup [DOC]


Artikel Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan



Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan 

Pengertian pertumbuhan adalah Proses pertambahan volume dan jumlah sel sehingga ukuran tubuh makhluk hidup tersebut bertambah besar. Pertumbuhan bersifat irreversible atau tidak dapat bali dan dapat diukur. Sedangkan Pengertian Perkembangan adalah proses perubahan menuju kedewasaan melalui proses pertumbuhan dan diferensiasi. Perkembangan tidak dapat diukur 

Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan 

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan terdapat 2 faktor antara lain luar dan dalam. Faktor luar atau lingkungan, contohnya : makanan, air, oksigen, cahaya, suhu, dan kelembapan.

a. Makanan atau Nutrisi 

Makanan merupakan bahan baku dan sumber energi dalam proses metabolisme tubuh. Kualitas dan kuantitas makanan akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Karena sedang dalam masa pertumbuhan, kamu harus cukup makan makanan yang bergizi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuhmu. Zat gizi yang diperlukan manusia dan hewan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Semua zat ini diperoleh dari makanan. Sedangkan bagi tumbuhan, nutrisi yang diperlukan berupa air dan zat hara yang terlarut dalam air. Melalui proses fotosintesis, air dan karbon dioksida (CO2) diubah menjadi zat makanan dengan bantuan sinar matahari. Meskipun tidak berperan langsung dalam fotosintesis, zat hara diperlukan agar tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Coba kamu amati, tanaman padi yang terlambat dipupuk, daunnya akan berwarna kekuningan. Setelah dipupuk, daun tanaman padi itu akan kembali berwarna hijau dan tumbuh dengan baik. Mengapa demikian? Di dalam pupuk terkandung zat hara yang penting sebagai nutrisi tanaman. 

b. Suhu 

Semua makhluk hidup membutuhkan suhu yang sesuai untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Suhu ini disebut suhu optimum, misalnya suhu tubuh manusia yang normal adalah sekitar 37°C. Pada suhu optimum, semua makhluk hidup dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Hewan dan manusia memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dalam kisaran suhu lingkungan tertentu. Tumbuhan menunjukkan pengaruh yang lebih nyata terhadap suhu. Padi yang ditanam pada awal musim kemarau (suhu udara rata-rata tinggi) lebih cepat dipanen daripada padi yang ditanam pada musim penghujan (suhu udara rata-rata rendah). Jenis bunga mawar yang tumbuh dan berbunga dengan baik di pegunungan yang sejuk, ketika ditanam di daerah pantai yang panas pertumbuhannya menjadi lambat dan tidak menghasilkan bunga yang seindah sebelumnya. Hal ini disebabkan karena semua proses dalam pertumbuhan dan perkembangan seperti penyerapan air, fotosintesis, penguapan, dan pernapasan pada tumbuhan dipengaruhi oleh suhu. 

c. Cahaya 

Cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Tumbuhan sangat membutuhkan cahaya matahari untuk fotosintesis. Namun keberadaan cahaya ternyata dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan karena cahaya dapat merusak hormon auksin yang terdapat pada ujung batang. Bila kamu menyimpan kecambah di tempat gelap selama beberapa hari, kecambah itu akan tumbuh lebih cepat (lebih tinggi) dari seharusnya, namun tampak lemah dan pucat/kekuning-kuningan karena kekurangan klorofil. Selain tumbuhan, manusia juga membutuhkan cahaya matahari untuk membantu pembentukan vitamin D. 

d. Air dan Kelembapan 

Air dan kelembapan merupakan faktor penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Air sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Tanpa air, makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup. Air merupakan tempat berlangsungnya reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh. Tanpa air, reaksi kimia di dalam sel tidak dapat berlangsung, sehingga dapat mengakibatkan kematian. Kelembapan  adalah banyaknya kandungan uap air dalam udara atau tanah. Tanah yang lembab berpengarauh baik terhadap pertumbuhan tumbuhan. Kondisi yang lembab banyak air yang dapat diserap oleh tumbuhan dan lebih sedikit penguapan. Kondisi ini sangat mempengaruhi sekali terhadap pemanjangan sel. Kelembapan juga penting untuk mempertahankan stabilitas bentuk sel. 

e. Tanah 

Bagi tumbuhan, tanah berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangannya. Tumbuhan akan tumbuh dan berkembang dengan optimal bila kondisi tanah tempat hidupnya sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan unsur hara. Kondisi tanah ditentukan oleh faktor lingkungan lain, misalnya suhu, kandungan mineral, dan air.  - Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC

Faktor dalam, yaitu gen dan hormon. Gen merupakan materi pembawa sifat yang diwariskan pada keturunan, sedangkan Hormon. Hormon berfungsi sebagai pengontrol kegiatan dalam tubuh. 

Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan 

Pada perkecambahan Biji, plumula tumbuh dan berkembang menjadi batang dan daun sedangkan radikula menjadi akar.

Baca juga: Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Terhadap Faktor Lingkungan

Tipe perkecambahan biji tumbuhan antara lain adalah:  

• Tipe Hipogeal, yaitu kotiledon tetap di dalam tanah 
• Tipe Epigal, yaitu kotiledon di atas tanah. 


Such is the article Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC

That's an article Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC this time, hopefully can benefit for you all. okay, see you in other article posting.

You are now reading the article Materi Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan PDF PPT DOC with the link address https://wcest.blogspot.com/2018/10/materi-tentang-pertumbuhan-dan.html